Selasa, 10 November 2009

Neil Armstrong Memang Pernah ke Bulan


Foto yang menunjukkan bendera yang pernah ditinggalkan Neil Armstrong

SAN FRANCISCO - Beberapa dekade belakangan banyak yang meragukan mengenai keberhasilan NASA mendaratkan manusia di Bulan untuk pertama kalinya pada tahun 1970an. Banyak yang menyebut foto yang diambil Badan Antariksa Amerika Serikat itu hanya tipuan, dan teori konspirasi.

Teori ini nampaknya akan terpatahkan, sebab sebuah foto terbaru menunjukkan kalau tempat pendaratan pesawat yang meninggalkan permukaan Bulan pada 14 Desember 1972, terlihat bekas Neil Amstrong dan beberapa astronot yang memang pernah benar-benar menginjakkan kaki di Bulan.

Misi yang dinamai The Lunar Reconnaissance Orbiter mengorbit bulan sejak Juni lalu, telah mengirimkan kembali gambar dari lokasi pendaratan Apollo 11 serta yang lain tetapi dengan kualitas yang lebih rendah. Demikian yang diberitakan Sydney Morning Herald, Rabu (4/11/2009).

Dalam gambar beresolusi rendah pendarat jelas terlihat di tengah gambar dengan bendera Amerika tapi dengan patch yang lebih gelap. Gambar kedua yang beresolusi tinggi menunjukkan seluruh lokasi pendaratan termasuk pesawat penemu jejak dan situs peristirahatan serta tempat peristirahatan terakhir dari peralatan ilmiah.

Ini berarti menjadi bukti sementara untuk mematahkan argumen yang menyebutkan kalau Neil Armstrong belum pernah menginjakkan kaki di Bulan, yang dilakukan NASA 66 tahun lalu dengan menggunakan pesawat Apollo 11.

Beberapa ilmuwan mengungkapkan hal ini sengaja dilakukan oleh NASA dan pemerintahan Amerika Serikat untuk menciptakan ketakutan publik dan menyelamatkan imej Amerika yang mulai meredup karena kekalahannya dalam perang Vietnam.

Dalam sebuah kesempatan yang membahas segala kejanggalan pendaratan manusia di Bulan, salah satu ahli astronomi bernama Phil Plait, mengemukakan kejanggalan foto pendaratan Armstrong. Pada foto yang selama puluhan tahun telah terpublikasi ke seluruh dunia itu, sama sekali tidak nampak keberadaan bintang di langit. (tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar